Senin, 22 Maret 2010

Samarinda ZAMAN bahari KALA.

Samarinda ZAMAN bahari KALA.
Photo-photo ini diabadikan ketika berlangsungnya PAMERANdi GOR SEGIRI SAMARINDA tanggal 20 sd. 23 Januari 2010 di GOR Segiri Samarinda. Photo juga masih hitam putih belum berwarna. dari photo-photo tersebut dapat diketahui perjalanan Kota Samarinda dari dulu hingga sekarang yang disebut sebagai SEJARAH ZAMAN BAHARI. maka dikenal hari jadi  kota SAMARINDA yang diperingati setiap tanggal 21 JANUARI dan tepatnya yakni tanggal 21 Januari 1668.
Bangunan ini merupakan cikal bakal berdirinya Mesjid Raya Samarinda yang sekarang, sebelumnya adalah masjid RAYA berada diteiap sungai MAHAKAM.
Ini nih kendaraan VW kodok yang dipakai para pejabat pada sekitar tahun 1972 terutama kepala dinas dan Camat pada masa itu
Para pejabat dari Jakarta datang ke daerah-daerah, termasuk Samarinda masih menggunakan kapal laut sebelum tahun 1960, tetapi sesudah tahun tersebut mereka juga menggunakan kapal terbang via Balikpapan dan dilanjutkan pakai kapal, speed boat atau jalan darat via HANDIL II Balikpapan.
Dulunya Kota Samarinda belum banyak bangunan berdiri
Tampak dari udara adalah tepian MAHAKAM. masih belum banyak bangunan.
Photo ini berlokasi di Jalan Banjar, yang sekarang berubah nama menjadi Jalan KH. Abdul Muthalib. Aliran Sungai Mahakam dan anak sungainya masih bagus dan setiap hari dipakai untuk mandi serta bagi kami digunakan berenang. ini bukan banjir tapi saat air sungai pasang, sehingga airnya mengisi rawa-rawa sekitar rumah.
Kantor Djawatan Penerangan Propinsi Kalimantan Timur di Jalan Basuki rahmat sekarang.
Sambutan Warga Kota Samarinda menyambut kedatangan Presiden RI Pertama, Soekarno, dengan latar gapura bertuliskan huruf Cina
Kegiatan organisasi pemuda. Rupanya sepeda masih jadi andalan utama alat transportasi kala itu.
Kegiatan organisasi pemuda. Rupanya sepeda masih jadi andalan utama alat transportasi kala itu.
kondisi tahun 1949 di Pasar Pagi Samarinda.

Sumber : berbagai Sumber & ifanjayadi1980.wordpress.com/

1 komentar:

  1. salam , masih kah foto foto asli nih ,, atau kapan kapan kita bisa ikut pameran foto tempo dulu ...
    terima kasih

    BalasHapus